Friday, January 2, 2015

Apakah Anda Siap Resign dari Pekerjaan untuk Memulai Bisnis?


Sangat menyenangkan bermimpi untuk keluar dari pekerjaan anda sekarang dan memulai bisnis anda sendiri. Pertanyaan terbesarnya adalah : kapankah waktu yang tepat untuk memulainya? Memang sangat mudah menginginkan keluar dari pekerjaan setelah rapat panjang penuh tekanan atau setelah mendesain motif yang sama untuk keseratuskalinya. Namun, hal tersebut bukanlah alasan yang bagus untuk memulai sebuah bisnis yang sukses. Kita semua memang ingin memiliki sebuah bisnis yang menyenangkan dan kreatif namun kita tidak bisa melupakan bahwa untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses, bisnis tersebut harus bisa memberikan keuntungan. 
Kerja nyata dan pemikiran mengenai bagaimana nantinya bisnis ini berjalan sangat penting dalam menjalankan bisnis ini. Dan seperti dalam industri lain, bisnis fashion dan desain juga membutuhkan waktu untuk mengembangkan produk berkualitas, mencari pasar yang tepat dan konsisten dalam memasarkan produk tersebut.
Melihat dari luar memang sangat menarik melihat seseorang yang bangkit dan memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Yang tampak didepan kita adalah pada suatu hari ia keluar dari pintu itu dan berjalan menuju pintu yang baru, lalu seiring berjalannya waktu bisnisnya menjadi sukses. Namun sejatinya hal tersebut sangat jarang terjadi. Berani mengambil resiko dan tantangan memang merupakan hal yang bagus, bahkan merupakan hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausahawan, tetapi jangan melupakan bahwa untuk memulainya membutuhkan banyak rencana dan persiapan.

Apakah anda sudah siap memulai bisnis anda sendiri? Atau ini merupakan suatu hal menarik yang ingin kita kejar?

Simak beberapa tips berikut untuk membantu anda menyiapkan diri untuk memulai bisnis anda.

1. Save, save, save !

Sebelum memutuskan meninggalkan pekerjaan anda, menabunglah untuk menutupi biaya hidup anda paling tidak untuk Enam bulan kedepan. Karena saat anda memulai bisnis anda, anda tidak selalu tepat mendapat proyek yang bagus dan tidak selalu dibayar tepat waktu. Anda membutuhkan uang untuk menanggung biaya anda selama anda merintis bisnis. Semakin banyak anda menabung semakin baik.

2. Mulai dari sekarang

Saya sangat menganjurkan desainer untuk segera memulai bisnis paruh waktu, anda bisa mengerjakannya di malam hari setelah anda bekerja dan anda bisa melakukannya saat akhir pekan, sampai pada akhirnya bisnis anda mulai berjalan cukup lancar. Klien langganan dan penjualan yang lancar akan meningkatkan kepercayaan diri anda untuk segera memulai bisnis anda secara penuh tidak hanya paruh waktu.  Mungkin memang akan sulit pada awalnya, namun anda tidak akan stress memikirkan bagaimana mendapat uang untuk membayar tagihan karena anda masih mendapat gaji atas pekerjaan utama. Jangan lupa untuk memulai bisnis, anda harus mulai membuat website sendiri, memajang karya anda disana dan siapkan proyek-proyek dan produk baru. 

3. Lakukan penelitian kecil untuk mencari pasar yang tepat untuk anda.

Penelitian ini sangat penting dalam proses membangun bisnis. cari pasar yang sesuai dengan gaya hidup dan karakter anda, dan tentu saja hal yang memungkinkan untuk dijadikan bisnis. Jika anda menghabiskan waktu 15 jam untuk membuat sebuah karya yang akan dijual di sebuah toko mungkin itu merupakan bukan pilihan yang tepat. Semakin lama bekerja di industri desain, anda akan semakin memahami bahwa anda membutuhkan tempat sendiri. Masih banyak pasar dan opsi penjualan lain yang akan cocok dengan karya anda. Yang dibutuhkan hanya waktu untuk menemukan tempat anda dalam pasar.



0 comments:

Post a Comment