Friday, January 2, 2015

Bagaimana memulai bisnis desain tekstil untuk pemula


Saat akan memulai bisnis desain tekstil banyak sekali daftar ‘must-have’ atau ‘must-know’ yang harus dipenuhi. Banyak desainer menyangka bahwa mereka harus mempunyai ratusan motif, kemampuan membaca pasar, skill menggunakan aneka program aplikasi, page facebook, akun twitter, website, lini produk dan lain-lain.

Semua skill, alat dan prestasi memang penting dan dapat membantu anda memperoleh banyak klien, namun jangan khawatir anda bisa memulai bisnis anda dengan cara yang lebih mudah, dengan memulai dari bisnis kecil namun perlahan tapi pasti sehingga anda bisa mengembangkan bisnis anda di bidang desain.

Seorang desainer baru biasanya mengembangkan teknik pengulangan (seamless), mencari warna palet yang pas dan bekerja dengan penelitian tren kecil-kecilan. Mereka tidak akan mengambil tanggung jawab ratusan motif atau melakukan presentasi penelitian tren besar-besaran. Jika anda orang baru dalam bisnis ini, anda bisa memulai dengan cara-cara diatas untuk mendapat klien anda. memang pekerjaan tersebut tidak terdengan ‘wah’, namun itu merupakan cara terbaik untuk mendapatkan uang ekstra dan memulai jaringan anda dengan pelan tapi pasti.


Dengan kata lain anda tidak perlu menjadi desainer papan atas yang langsung merilis bisnis dan pagelaran fashion show yang sukses. Anda hanya perlu meningkatkan skill anda dulu dan mempelajari hal-hal baru yang akan membantu mengembangkan karya anda kelak. 
Misalnya dengan memperkuat skill anda dalam teknik pengulangan, memang anda tidak bisa menguasai sebuah teknik dalam semalam. Anda harus terus mencoba dan belajar hingga akhirnya jika anda diberi kesempatan untuk memulai proyek yang lebih kompleks, anda akan dengan lebih mudah mengerjakannya karena anda sudah melalui setiap detil prosesnya.

Setelah melakukan hal diatas, anda sedikit demi sedikit akan mendapat kepercayaan, dan anda bisa memulai mengerjakan proyek-proyek yang lebih kompleks seperti mengembangkan motif buatan sendiri dan memulai penelitian tren dengan lebih besar lagi. Lalu selanjutnya anda bisa belajar mengenai bagaimana caranya berkomunikasi, berhubungan dengan klien dan memasarkan produk.

Jangan takut untuk mencoba dan terus asah kemampuan anda !

0 comments:

Post a Comment