Friday, January 2, 2015

Hal – hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Bisnis Desain Tekstil


Terkadang sulit mengetahui bagaimana anda ingin membangun bisnis. Anda tahu bahwa anda ingin ada di pasar, menjual hasil karya dan memperoleh pendapatan, tapi ke arah manakah bisnis ingin dibawa? Mungkin anda bertanya pada diri sendiri, apakah sebaiknya dijual via agen, bekerja sebagai konsultan atau menunjukkan karya sendiri dalam sebuah pameran atau show?
Jika belum terlalu yakin kemana anda akan berjalan, tingkat kepercayaan diri, waktu yang diluangkan untuk bisnis, interaksi dengan pelanggan setiap harinya dan jumlah uang yang akan diinvestasikan, bisa mengarahkan Anda kearah yang tepat.

Percaya Diri
Kemampuan untuk menjual hasil karya dengan percaya diri merupakan modal penting untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Anda harus bisa memposisikan diri sebagai pembeli. Mereka membeli suatu karya satu sampai dua tahun lebih awal dari pasar, hal ini sangat beresiko. Mereka harus berspekulasi bahwa karya Anda akan laku terjual. Yakinkan pada mereka bahwa anda mampu membaca tren yang akan laris di masa mendatang. 

Itulah mengapa jika anda masih mencoba-coba membuat suatu karya dan tidak terlalu percaya diri dengan hasil karya sendiri, lebih baik bekerja di belakang layar terlebih dulu untuk sementara, dari sebuah perusahaan besar atau menjadi agen. Menjual karya sendiri melalui agen memberi anda waktu untuk fokus mengembangkan diri sebagai desainer namun tetap mendapat penghasilan dari penjualan karya anda.


Waktu
Seberapa banyak waktu yang bisa anda investasikan dalam bisnis sendiri? Menunjukkan karya sendiri membutuhkan banyak kerja keras, waktu dan juga energi. Anda harus mampu bekerja bersamaan, mendesain produk, merespon klien dari hari ke hari, menyiapkan untuk pameran, pemasaran, perencanaan keuangan dan lain-lain. Jika anda menghabiskan banyak waktu hanya untuk mendesain, bagaimana anda yakin bahwa hal-hal lain diatas bisa dikerjakan dengan baik?

Jika anda kekurangan waktu, pertimbangkanlah untuk menjual karya anda melalui agen atau bekerja dengan klien sebagai konsultan. Saat telah memiliki lebih banyak waktu untuk diinvestasikan di dalam bisnis, anda bisa menjual karya di sebuah pameran atau di website pribadi.

Interaksi

Anda harus mempertimbangkan sebanyak apa interaksi yang lebih diinginkan dengan klien dalam keseharian anda. Akan sangat bagus jika anda menikmati waktu untuk berinteraksi dengan klien, seperti bertemu langsung dengan klien dan membalas email. Apalagi jika anda senang berhubungan dengan banyak orang bahkan bisa berteman dekat dengan klien anda. Namun jika anda tidak ingin terlalu banyak interaksi dengan klien dan hanya ingin fokus kepada desain, anda bisa menjual hasil karya melalui agen. Sehingga anda bisa lebih fokus mengerjakan desain tanpa terbebani urusan klien atau penjualan.

Budget
Yang terakhir adalah seberapa banyak uang yang ingin anda investasikan dalam bisnis? jika sudah siap terjun ke pasar, ditambah memiliki dana yang besar, anda bisa menjual karya dalam pameran. Pameran merupakan cara tercepat untuk menambah klien, jaringan dan menempatkan anda di dalam industri. Jika anda bermimpi untuk mengikuti sebuah pameran tapi tidak memiliki dana untuk itu, rencanakan untuk mengikuti sebuah pameran untuk satu sampai dua tahun kedepan. Dengan kata lain, masih banyak opsi  yang bisa dipilih, misal dengan melalui agen, via online atau menjadi konsultan untuk klien.

Tapi yang lebih penting dari beberapa hal diatas adalah mengarahkan bisnis sesuai passion atau keinginan anda. Passion dapat membuat anda rela bekerja sampai larut malam dan menginspirasi untuk selalu maju. Passion juga bisa membantu menyelesaikan masalah mengenai budget, waktu bahkan mindset anda. 

0 comments:

Post a Comment