Friday, January 2, 2015

Tips Membuat Halaman ‘About Me’ untuk para Desainer


Menulis sebuah halaman “about” atau dalam bahasa Indonesia “mengenai saya/kami” merupakan bagian paling menantang dalam mengembangan sebuah website yang profesional, namun halaman tersebut merupakan bagian terpenting dari website anda. Pada halaman ini anda diberi wadah untuk menceritakan tentang diri sendiri dan membantu hubungan dengan klien agar menjadi lebih dekat. 

Halaman About harus menjelaskan mengenai :

1. Filosofi dan inspirasi desain anda. Apa yang menginspirasi anda? Apakah pelanggan, alam, keluarga atau konsep perkembangan inovatif pasar?

2. Teknik atau proses yang biasa digunakan dalam membuat karya. Apakah anda lebih suka menggambar diatas kertas lalu mengedit dengan photoshop? Atau anda lebih suka memulai proyek melalui penelitian-penelitian mendalam terhadap pelanggan? Paparkan hal ini di halaman about me.

3. Tipe klien yang anda sukai dalam bekerja sama. Anda bisa menjelaskan klien seperti apa yang paling disukai dalam bekerja sama dan jelaskan mengapa. Ini kesempatan yang bagus untuk menunjukkan karakter anda dengan cara yang profesional.

4. Pasar seperti apa yang anda suka? Jelaskan kepada calon klien mengenai apa yang menjadi favorit dan pengalaman anda. Calon klien pasti ingin tahu bahwa nantinya anda akan bersemangat jika bekerja sama dengan mereka.

Selain keempat topik diatas, ada topik-topik tambahan yang bisa diletakkan di halaman about me agar lebih indah.

1. Pesan Personal 
Jika seorang pengunjung melihat sekilas ke halaman About Me, apa yang anda inginkan dari mereka untuk melihat lebih jauh mengenai anda? uraikan deskripsi singkat yang berisi pesan pemasaran , namun dengan sentuhan pribadi. Berbagilah passion pribadi, apa yang anda buat dan apa yang bisa anda lakukan untuk klien.

2. Foto Profil
Untuk meningkatkan kesempatan menarik klien, anda harus menyertakan foto diri dalam halaman about. Dengan menyertakan foto, klien akan lebih percaya dan mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan.
Akun twitter dengan foto profil memiliki followers 10 kali lebih banyak dibanding mereka yang tidak memasang foto profil. Anda bisa meminta tolong teman untuk mengambil foto anda yang sedang membuat sketsa atau saat bekerja di depan komputer.

3. Testimoni Klien
Testimoni merupakan suatu cara yang bagus untuk mengurangi kekhawatiran klien. Publish testimoni dari klien-klien yang sudah bekerja sama dengan anda sebelumnya. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan klien kepada anda.

4. ‘Kontak Saya’

Anda bisa meletakkan tombol ‘kontak saya’ dalam halaman ini. Hal ini agar memudahkan klien untuk langsung terhubung dengan anda. atau pasanglah fitur berlangganan newsletter kepada klien-klien anda melalui email. 
Dengan adanya tombol ‘kontak saya’ ataupun newsletter ini akan memudahkan calon klien untuk berhubungan langsung.

5. Percaya Diri
Jangan ragu untuk 'menyombongkan' kemampuan anda. Jelaskan bagaimana anda menyelesaikan masalah, bagaimana bekerja sama dengan klien, dan membantu mereka serta jelaskan bahwa anda tahu apa yang mereka inginkan.

0 comments:

Post a Comment